Survei PUTIN : Elektabilitas Maulana – Diza Lebih Unggul dari HAR-Guntur

Pahrudin, Direktur Eksekutif PUTIN usai bedah hasil survei elektabilitas cawako dan cawawako Jambi di Swissbell Hotel pada Kamis, (26/9/2024]. [TanyaFakta.id/Ados]
Pahrudin, Direktur Eksekutif PUTIN usai bedah hasil survei elektabilitas cawako dan cawawako Jambi di Swissbell Hotel pada Kamis, (26/9/2024]. [TanyaFakta.id/Ados]

TANYAFAKTA.ID, KOTA JAMBI – Public Trust Institute (PUTIN) merilis hasil survei elektabilitas calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi untuk Pilkada 2024, di Swissbell Hotel Jambi pada Kamis (26/9/2024).

Direktur Eksekutif PUTIN, Pahrudin mengatakan, Survei yang dilakukan pada periode 12-17 September 2024 ini menunjukkan pasangan Dr. dr. Maulana, MKM dan Diza Aljosha Hazrin, SE, MA. memimpin perolehan suara dengan 69,30%. Pasangan H. Abdul Rahman (HAR) dan Andi M. Guntur berada di posisi kedua dengan 27,00% suara. Sementara 3,70% responden masih belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya.

Pahrudin, menjelaskan bahwa survei ini dilakukan di 51 kelurahan yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Jambi.

Baca juga:  Gelar AJP 2024, Pertamina Hulu Rokan Adakan Sosialisasi di Jambi

Survei PUTIN mengenai Elektabilitas Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Jambi. [TanyaFakta.id/PUTIN]
Survei PUTIN mengenai Elektabilitas Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Jambi.
[TanyaFakta.id/PUTIN]
Adapun survei ini dilakukan dengan menggunakan metode penarikan sampel yaitu Multistage Random Sampling dan metode pengumpulan data adalah wawancara dan tatap muka.

“Survei melibatkan 600 responden dengan margin of error sebesar 4 persen dan tingkat kepercayaan publik sebesar 59 persen,”ujarnya.

Dia mengungkapkan dari hasil survei yang dilakukan pada responden dengan rata-rata 17-45 tahun yang didominasi Usia 25-38 pada orang yang sudah tamat SMA dan Perguruan Tinggi, Maulana-Diza jelas memimpin dengan elektabilitas tinggi.

“Ini mencerminkan bahwa pasangan ini mampu meraih simpati mayoritas masyarakat Kota Jambi, khususnya di usia produktif,” katanya.

Survei ini juga mengungkap sumber informasi utama pemilih tentang calon Walikota Jambi 2024. Media sosial menjadi sumber informasi terbesar dengan 23,30%, diikuti oleh baliho/poster/stiker/spanduk (25,30%), dan penyebaran informasi dari mulut ke mulut (19,00%).

Baca juga:  Ditetapkan Memenuhi Syarat, Simak Visi Misi Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Jambi Berikut

Mengenai alasan pemilih dalam menentukan pilihannya, program/visi misi yang ditawarkan menjadi faktor terpenting (33,00%), diikuti oleh sosok calon yang merakyat (15,50%), dan kinerja yang bagus (12,70%).

Hasil survei ini memberikan gambaran awal tentang preferensi pemilih menjelang Pilkada Jambi 2024, meski masih mungkin terjadi perubahan mengingat pelaksanaan pemilihan yang masih beberapa bulan ke depan. (Aas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *