Permudah Layanan Informasi Publik, Komdigi Gelar Bimtek info.go.id

Pelatihan petugas PPID di Sumatera Selatan untuk penggunaan aplikasi info.go.id.
Pelatihan petugas Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Palembang, Sumatera Selatan, untuk menggunakan aplikasi info.go.id, yang bertujuan mempermudah akses informasi publik. [TanyaFakta.id/ Komdigi.go.id]

TANYAFAKTA.ID, PALEMBANG –Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemdikbud) melatih petugas Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di wilayah Sumatera Selatan untuk menggunakan aplikasi umum layanan informasi publik info.go.id. Pelatihan ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dari satu platform.

Aplikasi info.go.id untuk Akses Mudah

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komdigi, Hasyim Gautama, menjelaskan bahwa aplikasi ini dirancang untuk memberikan akses mudah dan cepat kepada masyarakat akan informasi yang mereka butuhkan.

“Aplikasi layanan informasi publik ini mempunyai tujuan utama untuk memberikan akses mudah dan cepat kepada masyarakat akan informasi yang mereka butuhkan,” ujar Hasyim dalam Bimbingan Teknis Kebijakan Aplikasi Umum Layanan Informasi Publik Bagi PPID di Palembang, Kamis (31/10/2024).

Baca juga:  Kupon Undian Tak Sesuai Tanggal, Acara DLH Provinsi Jambi Kecewakan Warga

Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

Hasyim menekankan bahwa informasi publik yang akurat, jelas, dan tepat waktu sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Dengan aplikasi ini, kita dapat mengatasi hambatan geografis dan memastikan bahwa informasi penting dapat diakses oleh semua orang, di manapun mereka berada,” ungkapnya.

Fitur Inklusif untuk Masyarakat

Aplikasi info.go.id telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan masyarakat dalam meminta informasi publik.

“Dengan menerapkan prinsip yang inklusif, seluruh masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mengakses Aplikasi Info,” tegasnya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur laporan untuk memudahkan petugas PPID dalam merekap statistik layanan informasi.

Fitur Forum dan Microsite

Dalam aplikasi ini terdapat fitur Forum PPID untuk memudahkan interaksi dan berbagi pengetahuan dalam pelaksanaan pelayanan informasi publik.

Baca juga:  Bahas Strategi Kemandirian Energi: Presiden Prabowo Subianto Gelar Rapat Internal di Istana Merdeka

“Didukung fitur Microsite yang mengagregasi website Badan Publik lainnya dalam satu pintu melalui Info.go.id,” tambahnya.

Bimtek ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta secara daring maupun luring. Hasyim Gautama berharap keberadaan Aplikasi Info.go.id dapat mendorong semangat keterbukaan informasi publik.

“Aplikasi ini akan menjadi jembatan penghubung yang akan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi publik serta sebagai garda terdepan pelayanan informasi dapat dengan mudah melayani masyarakat dengan menggunakan teknologi yang mudah digunakan,” ungkapnya.

Upaya Penyediaan Informasi Publik

Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya merilis aplikasi info.go.id pada Agustus 2023. Aplikasi ini merupakan upaya untuk menyediakan akses informasi publik dari berbagai Badan Publik. Sebelumnya, selama 16 tahun, implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menyebabkan penyediaan informasi publik terfragmentasi.

Baca juga:  Ajak Masyarakat Lebih Dekat Dengan Sawit, EMG Group Gelar Pelatihan Konten Kreator dan Jurnalis di Kebun Sawit

Dengan dukungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, aplikasi ini menjadi bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *